Hutan mangrove merupakan komunitas tumbuhan khas yang berada di daerah peralihan antara ekosistem darat dan laut. Keberadaan ekosistem mangrove sangat menunjang keberlangsungan ekosistem di wilayah pesisir. Setidaknya terdapat tiga fungsi utama mangrove yaitu fungsi secara fisik, biologi, dan ekonomi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui struktur dan komposisi vegetasi mangrove di Desa Pantai Mekar dan Pantai Harapan Jaya, Kabupaten Bekasi.

Penelitian dilakukan di bulan Agustus 2016, pada 7 lokasi, yaitu 2 lokasi di Desa Pantai Mekar dan 5 lokasi di Pantai Harapan Jaya. Pengambilan data vegetasi dilakukan dengan metode stratified random sampling. Setiap pohon (plot 10 m x 10 m) dan sapling (sub plot 5 m x 5 m) diidentifikasi dan diukur diameternya setinggi dada (±1,3 m). Seedling dihitung keragaman dan penutupann sub plot 1 m x 1 m.

Hasil penelitian menunjukan paling sedikit 17 famili ditemukan dilokasi dan 23 spesies mangrove. Secara umum kerapatan pohon berkisar 1200 – 3300 ind/ha yang didominasi oleh Avicennia alba dan Avicennia marina. Distribusi diameter batang yang paling dominan pada kelas 4,0 – 17,9 cm, dan distribusi tinggi pohon pada kelas 5,5 – 7,9 m.

Kata kunci: Mangrove, Struktur, Komposisi, Keanekaragaman, Bekasi.

By admin

Kami mengumpulkan dan menyajikan data mangrove dari seluruh Indonesia.

Related Posts

Open chat
Salam MANGROVER! Ada yang bisa kami bantu?