Mangrove merupakan ekosistem yang paling produktif dan perifiton yang hidup menempel di akar mangrove mendominasi produksifitas primer di ekosistem tersebut dan mempunyai peran yang sangat penting dalam jaring-jaring makanan dan mengatur kandungan oksigen.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komposisi alga perifiton pada substrat akar mangrove Rhizopora apiculata, Avicennia marina, A. alba, A. officinalis, dan Sonneratia caseolaris di Desa Pantai Harapan Jaya dan Desa Pantai Mekar, Kabupaten Bekasi.

Pengambilan sampel alga perifiton dilakukan pada akar mangrove bagian bawah yang tergenang air laut dan dipotong ± 2 cm kemudian diawetkan dengan formalin 4%.

Di laboratorium, akar mangrove disikat dalam cawan petri, sampel perifiton diambil dan diamati di bawah mikroskop menggunakan sedgewick rafter.

Ditemukan 18 genus perifiton yang termasuk dalam 2 kelas, yaitu kelas Bacillariophyceae dan kelas Cyanophyceae pada akar vegetasi mangrove. Jumlah genus terbanyak ditemukan pada akar Avicennia marina (15 genus).

Kelimpahan perifiton tertinggi terdapat pada akar Avicennia officinalis sebanyak 2927 ind/cm2 dibandingkan dengan akar Rhizopora apiculata, Avicennia marina, Avicennia alba dan Sonneratia caseolaris.

Kata kunci: Alga perifiton, Akar mangrove, Komposisi, Kelimpahan, Bekasi.

By admin

Kami mengumpulkan dan menyajikan data mangrove dari seluruh Indonesia.

Related Posts

Open chat
Salam MANGROVER! Ada yang bisa kami bantu?